Ketahui 6 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Gula

Gula baik untuk tubuh tetapi jika terlalu banyak gula akan berakibat buruk terhadap tubuh kita. Untuk itu ketahui sebelum terlambat tanda-tanda bahwa Anda sudah terlalu banyak gula.

1. Ketagihan Gula

Alpert menjelaskan bahwa gula juga memiliki efek “candu”. Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi gula akhirnya ketagihan untuk terus mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

2. Tidak Merasa Puas

Saat konsumsi gula berlebih, indera pengecap menjadi kurang sensitif terhadap rasa manis. Akhirnya tubuh sulit terpuaskan sehingga membutuhkan konsumsi gula yang lebih banyak lagi. Mirip orang ngobat ya jadinya. Lama-lama dosisnya akan semakin banyak.

3. Berat Badan Bertambah

Karena sifat gula yang bisa membuat ketagihan, membuat orang yang mengonsumsi gula berlebih menjadi doyan makan. Karena itu tadi, ia butuh porsi banyak untuk membuatnya terpuaskan. Berat tubuh tentu saja akhirnya bertambah dan jika ini terus dibiarkan terjadi, kelamaan tubuh bisa mengalami resistensi insulin yang mengakibatkan diabetes militus tipe 2.

4. Perubahan Suasana Hati

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan sugar crush, yakni suasana hati yang mudah berubah (mood swing) dan gampang marah. Selain itu, orang yang tubuhnya mengandung gula tinggi beresiko depresi. Hal ini disebabkan gula bisa meningkatkan inflamasi dan berdasarkan penelitian yang dipublikasikan The JAMA Network pada tahun 2015, penderita depresi memiliki inflamasi 30% lebih tinggi.

5. Jerawat

Ketika seseorang mengonsumsi banyak gula, tubuh meningkatkan produksi insulin untuk merubah gula jadi energi dan kandungan insulin yang tinggi ini bagi sebagian orang yang sensitif bisa menimbulkan jerawat atau rosacea.

6. Mudah Lemas

Konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan gula darah berfluktuasi sehingga tubuh mudah lemas atau kekurangan energi. Hal ini bisa pula terjadi karena resistensi insulin.

Baca Juga :   Teman Setia

Kita semua tahu bahwa kelebihan gula akan berakibat fatal bagi tubuh kita, untuk itu jaga kesehatan tubuh kita sebelum semuanya terlambat.

Komentar

komentar